Senin, 06 Januari 2014

PERADABAN

Kelas Peradaban Pascasarjana PTIQ kelas C Angkatan 2013/14
(Bag : 1)

Kebahagianku dapat melanjutkan S2 rupanya tak terhenti ketika sudah masuk ruang kelas, kulihat di sekelilingku orang-orang luar biasa sudah menanti, ku lihat wajah-wajah cerah yang mencerahkan, merekalah pembangun peradaban masa depan bangsa yang kita cintai bangsa Indonesia. bangsa yang indah nan subur, bangsa yang pernah jaya dan melahirkan pemimpin pemimpin dunia. melihat mereka kebahagianku bertambah.

seorang lelaki setengahbaya dengan kesederhanaan dan  ketawadu'an ilmunya masuk kedalam kelas kami, kemudian dengan lembut dan hati-hati memperkenalkan diri, nama saya Muhammad Hariady. sambil menjelaskan profilnya, saya terkesima dengan beliau, akhlaknya luar biasa, ia berilmu namun tak sombong dengan ilmunya. setiap kata yang keluar ia awasi agar tak salah berucap, apalagi memberikan ilmu yang tidak sesat dan menyesatkan. suatu hal yang saat ini jarang sekali ditemukan, karakter guru yang tawadhu dengan ilmunya. dan ternyata ia dosen PERADABAN ISLAM.

Peradaban dan Sejarah 

bagi sebagian orang termasuk saya hampir sulit mengetahui apa itu peradaban, ketika bicara perabadan yang teringat butir no 2 pancasila kemanusiaan yang adil dan beradab. sebuah cita-cita bangsa yang saya dan mungkin sebagain warganya belum tahu bagaimana wujud sebuah warga yang berperadaban. dan akan tambah rumit lagi bila pemahaman peradaban kita sandingkan dengan kebudayaan.

peradaban merupakan buah dari sejarah, untuk memahaminya kita harus mengerti apa itu sejarah :

Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرةšajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.
Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis. menurut para ahli :

  • J.V. Bryce
Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
  • W.H. Walsh
Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.
  • Patrick Gardiner
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
  • Roeslan Abdulgani
Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.
  • Moh. Yamin
Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.
  • Ibnu Khaldun (1332-1406)
Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.
  • R. Moh. Ali
Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:
  1. Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
dari pengertian di atas, sejarah di fahami bahwa ia merupakan sesuatu hal di masa lampau, namun hakikatnya sejarah bukan hanya memperlajari masa lampau, tapi juga masa sekarang dan masa yang akan datang. sehingga ketika kita belajar sejarah hakikatnya kita sedang mempelajari sesuatu yang akan terjadi masa sekarang dan akan datang. karena ternyata sejarah akan terus terulang.
karena peradaban buah dari sejarah maka peradaban merupakan capaian-capaian dari sebuah jamaah atau komunitas.bila jamaah tersebut adalah jamaah muslim atau islam maka kita akan menyebutnya sebagai Peradaban Islam dan begitu seterusnya. 

kemudian apa yang membedakan peradaban dan kebudanyaan : 

Kebudayaan
Peradaban
Sendiri-sendiri
Bersama-sama
Lokal
Internasional
Sesuatu yang biasa
Monumental
* catatan Kuliah 

dari perbedaan ini dapat disimpulkan bahwa peradaban adalah sesuatu yang dilakukan bersama-sama, dengan skala internasional dan sesuatu yang monumental.


        



0 komentar: