Selasa, 07 Januari 2014

Risalah Peradaban

Kelas Peradaban 
( Bagian Ke-2)  


Peradaban sebagai buah dari sejarah, sedikitnya memiliki tiga unsur pembangunnya, pertama, capaian peradaban, kedua, risalah peradaban ketiga,  tantangan peradaban. 

Capaian Peradaban 

sebagaimana disebutkan pada pembahasan terdahulu di jelaskan bahwa peradaban merupakan buah dari sejarah, capaian Peradaban merupakan hasil  dari sebuah peradaban. ia dilakukan secara bersama-sama, skalanya internasional dan sesuatu hal monumental. dan ketiga inilah yang membedakan antara kebudayaan dan peradaban.

pengukuran sesuatu itu capaian peradaban atau hanya sekedar budaya dapat dilalukan dengan tiga syarat :

pertama, capaian peradaban harus dilakukan bersama-sama. 
kedua, skalanya internasional 
ketiga, sesuatu yang monumental

dalam pembahasan kelas peradaban Pascasarjana PTIQ Jakarta salah satu contoh capaian peradaban adalah dibukukannya Al Quran menjadi satu Mushaf yakni Mushaf Usmani.

contoh ini telah memenuhi tiga syarat peradaban. pengumpulan al Quran dalam mushaf usmani dilakukan bersama-sama melibatkan seluruh komponen pendukung pengumpulan al quran, dilakukan secara hati-hati, sangat teliti dan oleh para ahli. setelah selesai mushaf usmani ini disebarkan keseluruh negeri Islam, tidak hanya di Makkah dan Madinah. sehingga skalanya internasional. al Quran mushaf usmani adalah sesuatu yang baru, yang monumental dan hasilnya dapat kita nikmati sekarang. mungkin ada sebagian orang alergi dengan hal baru, padahal  al Quran mushaf usmani adalah sesuatu yang baru (Bid'ah). mushaf usmani sendiri sebenarnya lahir mejawab tantangan peradaban ketika masa Usman Bin Affan. pembahasan Tantangan peradaban akan dibahas pada pembahasan berikutnya.


Risalah Peradaban  

Risalah ialah Sesuatu yang diwahyukan A11ah SWT berupa prinsip hidup, moral, ibadah, aqidah untuk mengatur kehidupan manusia agar terwujud kebahagiaan di dunia dan akhirat. 

jika kita memaknai secara sederhana risalah ialah apa yang Allah turunkan kepada manusia agar kita mencapai kebahagian dunia akhirat. 

betapa banyak risalah yang Allah turunkan kepada kita sebagai makhluk ciptaan Nya, jika kita membuka kembali risalah dimulai dari nabi Adam sampai nabi Muhammad Saw kita akan dapati betapa banyaknya risalah yang Allah berikan kepada kita, pemahaman saya tentang risalah bisa di mulai dari surat al Baqarah dimana malaikat mengeluhkan kepada Allah tentang manusia sebagai khalifah, sebagai pemimpin di bumi, dan salah satu risalah bagi saya manusia adalah pemimpin, masalah kepemimpinan kemudian diperjelas lagi oleh rasulullah dengan sebuah hadits shahih : setiap kita adalah pemimpin....

al kisah dalam al Quran ketika nabi Yusuf menjadi Korban saudara-saudara kandungnya, mereka memberi alasan bahwa mereka iri terhadap perlakuan ayah mereka cenderung lebih mencintai Yusuf dibanding  mereka, maka ADIL hakikatnya adalah salah satu risalah peradaban yang harus tetap berdiri tegak di Seluruh pintu-pintu, ruang-ruang dan tempat-tempat di muka bumi. ayah harus belaku adil kepada istri dan anak-anaknya, presiden atau raja harus belaku adil terhadap bawahan dan rakyatnya, dan begitu seterusnya. karena dengan membangun keadilan berati menegakka risalah peradaban yang telah Allah berikan kepada kita.

berbuat baik kepada orang tua juga menjadi salah satu risalah peradaban, orang tua diberi penghargaan yang begitu mulia, al Quran menjelaskan bahwa kita dilarang untuk berkata "Ah" kepada kedua orang tua kita, secara eksplisit ayat ini menjelaskan untuk berkata ah saja dilarang apalagi lebih besar dari itu. bahkan dijelaskan bila orang tua kita menyuruh kita untuk berbuat dosa untuk menolaknya dengan ihsan.

konteks risalah tidak hanya berdimensi sosial, yakni hubungan antar manusia dengan sesama manusia, karena nyatanya ia pun terkait dengan hubungan manusia dengan alam.
dalam peperangan misalnya tentara muslim dilarang menghancurkan tanaman, dan pepohonan. maka bila dalam perang tentara muslim dianjurkan untuk menjaga tanaman dan pepohon apalagi tidak dalam peperangan.

risalah peradaban secara tekstual banyak tertuang dalam al Quran, sayangnya al Quran bagi sebagian ummat Islam hanya sebatas kitab yang di sucikan tanpa pengamalan dalam kehidupan (living Qur'an).

Tantangan Peradaban.

dalam kamus bahasa indonesia tantangan berarti :
(1) ajakan berkelahi (berperang dsb); (2) hal atau objek yg menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah; rangsangan (untuk bekerja lebih giat dsb): kesulitan itu merupakan ~ untuk lebih giat bekerja; (3) hal atau objek yg perlu ditanggulangi

Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/tantangan#ixzz2pxHaKbEj

dalam konteks peradaban, tantangan merupakan hal atau objek yang menggugah untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam sebuah jamaah atau komunitas. 

permasalahan jamaah atau komunitas setiap zaman berberbeda satu dan lainnya. bahkan walaupun satu zaman karena berbeda tempat atau lokal terjadi permasalahan yang berberbeda pula, sehingga mereka yang arif selalu memperhatikan dimana tempat atau lokal yang ia tempati sebelum ia bertindak.

jika kita cermati seluruh capaian peradaban merupakan keberhasilan dalam menghadapi tantangan peradaban, sehingga capaian merupakan solusi dari setiap masalah dalam jamaah atau komunitas.  

to be continue...

0 komentar: